Billing System


Disatu kesempatan saya mendapat undangan dari KKP Kemayoran Jakarta Pusat mengenai sosialisasi Billing System, disini saya akan berbagi seditit pengetahuan tentang Billing System.

Sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system) adalah serangkaian proses yang meliputi kegiatan pendaftaran peserta billing, pembuatan Kode Billing, pembayaran berdasarkan Kode Billing dan rekonsiliasi billing dalam sistem Modul Penerimaan Negara.

Sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system) diatur dalam Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER – 47.PJ.2011 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Coba Penerapan Billing System dalam Sistem Modul Penerimaan Negara.

Kelebihan dari Sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system) ini diantaranya adalah Wajib Pajak tidak perlu membuat SSP manual, Wajib Pajak cukup menyampaikan “dana pajak + Kode Billing”, pembayaran pajak selesai dengan mudah. Untuk saat ini transaksi pembayaran pajak menggunakan Billing System hanya bisa diwilayah Jakarta Bandung dan sekitarnya.

Untuk pembayaran bisa dilakukan di Bank atau ATM Mandiri, dan kantor Pos, serta dapat dilakukan satu kode billing untuk pembayaran beberapa jenis pajak atas wajib pajak yang sama serta dapat juga dilakukan untuk pembayaran pajak menggunakan mata uang asing.

Pendaftaran Sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system) dapat di akses di Situs Billing System atau pada tautan berikut: http://sse.pajak.go.id

Sumber : Direktorat Jendral Pajak ; Faisal, S.Mn.

By : Isra Mardian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s